Idul Fitri
5 June 2019

Mohon maaf lahir dan...

Penerimaan Rapor Kenaikan Kelas
31 May 2019

Penerimaan Rapot Semester II bagi kelas X dan...

Hari Kenaikan Tuhan Yesus
30 May 2019

Libur memperingati peristiwa kenaikan Isa Almasih atau kenaikan Yesus Kristus ke...

UAS Susulan dan Studi Ekskursi
27 May 2019

Ulangan Akhir Semester Susulan bagi siswa/siswi yang berhalangan hadir pada saat Ulangan Akhir Semester. Studi ekskursi bagi...

UAS Susulan dan Studi Ekskursi
25 May 2019

Ulangan Akhir Semester Susulan bagi siswa/siswi yang berhalangan hadir pada saat Ulangan Akhir Semester. Studi ekskursi bagi...

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P. 2018/2019
20 May 2019

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P....

Hari Raya Waisak
19 May 2019

Libur Hari Waisak: "selamat merayakan kelahiran, kesempurnaan, dan kematian Sang Buddha pada Hari Waisak, momen penuh sukacita,...

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P. 2018/2019
13 May 2019

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P....

Studi Ekskursi Kolese Gonzaga

Mengakhiri tahun pelajaran 2011 semester gasal, Kolese Gonzaga mengadakan studi ekskursi dikhususkan untuk para peserta didik kelas XII. Kegiatan ini sudah menjadi agenda sekolah dalam setiap tahunnya. Maksud dan tujuan dari studi ekskursi ini adalah mengembangkan wawasan pendidikan para peserta didik pada dunia luar. Adapun kegiatan ini dilakukan pada tanggal 13 s.d 14 Desember 2011, selama dua hari ini para peserta didik diajak untuk lebih mengenal secara praktis ilmu yang diimplementasikan pada dunia yang sesungguhnya. Studi Ekskursi  yang dilaksanakan Kolese Gonzaga dibagi menjadi dua bagian, yaitu pada tanggal 13 Desember 2011 dilakukan oleh para peserta didik yang masuk program IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) dan pada tanggal 14 Desember 2011 dilakukan oleh para peserta didik yang masuk program IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial).

Pada studi ekskursi yang dilaksanakan tanggal 13 Desember 2011, para peserta didik diajak untuk mengunjungi salah satu perusahaan  di daerah Daan Mogot Jakarta Barat. Perusahaan yang dikunjungi merupakan PT. International Chemical Industry yang bergerak dalam pembuatan baterai, yang lebih dikenal dengan perusahaan baterai ABC.

Kunjungan tersebut diikuti oleh peserta didik program IPA yang berjumlah 160 siswa didampingi oleh staf moderator dan guru pendamping. Mereka diajak untuk mengenal lebih jauh mekanisme dalam perusahaan tersebut dilihat dari sudut pandang keilmuan. Peserta didik diharapkan dapat menganalisis  dari segi Kimia, Fisika ataupun masalah Biologi. Tentu saja banyak hal yang bisa dikaji dari ketiga bidang ilmu tersebut, misalnya masalah bahan baku pembuatan baterai dapat dikaji dari keilmuan fisika dan kimiannya kemudian masalah pengolahan limbah perusahaan dapat dikaji dari segi Biologi.

Dalam kegiatan kunjungan di PT. International Chemical Industry, para peserta didik cukup antusias mengikuti beberapa instruksi yang diberikan oleh pihak management perusahaan. Para peserta didik diajak untuk mengenal lebih dekat dengan proses yang terdapat pada perusahaan tersebut. Awal mula mereka memberikan penjelasan lebih awal mengenai profil perusahaan kemudian produk-produk yang dihasilkan. Setelah kegiatan itu selesai kemudian para peserta didik diajak untuk melihat secara detail proses pembuatan baterai, mulai dari proses penyiapan bahan baku, proses pengolahan sampai proses packing.

 

Kegiatan ini sangat menyenangkan hal ini terbukti dari antusiasme peserta didik dalam menyikapi kegiatan ini. Salah satunya adalah adanya  proses interaksi tanya dan jawab yang dilakukan oleh para peserta didik Kolese Gonzaga pada pihak management PT. International Chemical Industry yang berlangsung sangat Interaktif.

Setelah agenda kegiatan yang dilakukan pada tanggal 13 Desember 2011, maka kegiatan berikutnya adalah studi ekskursi yang dilakukan oleh para peserta didik program IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) yaitu pada tanggal 14 Desember 2011. Kegiatan ini dilakukan di daerah Jatimurni, Bekasi, dalam kesempatan ini para peserta didik Kolese Gonzaga diajak untuk belajar dari sikap peduli terhadap sampah. Kunjungan kali ini lebih memfokuskan pada kiat entrepreneurship pada sebuah kegigihan sosok yang mau barjuang dalam memunculkan peluang bisnis. Dalam kunjungan ini diikuti oleh 64 peserta didik  didampingi oleh staf moderator dan guru pendamping. Banyak hal yang didapatkan pada kunjungan di tempat pengolahan sampah ini, beberapa diantaranya adalah peserta didik diajak untuk bisa membidik peluang bisnis yang ada, lebih menciptakan teori pemasaran yang handal yang berindikasi pada nilai-nilai sosial masyarakat.

Studi ekskursi  yang dilakukan di PT. Mitratani Mandiri Perdana (Mittran), tentu merupakan kegiatan yang sangat langka dilakukan oleh sekolah-sekolah lain, namun Kolese Gonzaga memberikan akses yang baik untuk lebih mengkaji hal-hal yang termarginalkan diubah menjadi hal yang magis. Maka dari itu asumsi mengenai sampah yang lekat dengan bakteri, kotor, berbau dan lain sebagainya dapat ditangkap oleh peserta didik Kolese Gonzaga menjadi bahan kajian yang menjajikan, dilihat dari sudut pandang ilmu sosialnya. Hal ini dapat berimplikasi pada pembelajaran peluang bisnis, sikap terhadap pemeliharaan lingkungan, penyadaran akan pentingnya kebersihan yang tentunya akan berimbas pada masalah kesehatan. Dengan kegiatan ekskursi ini tentu saja tidak hanya masalah akademis yang terus diasah tetapi masalah dampak kepedulian sosial terhadap bumi dan sesama.

Inilah rangkaian dua kegiatan studi ekskusi tahun 2011 yang dilakukan oleh Kolese Gonzaga. Tentu saja banyak harapan yang bisa diimplisitkan dalam setiap pembelajaran yang dilakukan oleh para peserta didik, mereka harus berproses dalam setiap hal yang dilakukan untuk menuju suatu hal yang baik. Utamanya menuju Kemulianan Tuhan yang lebih tinggi Ad Maiorem Dei Gloriam.

-YB. Dion Rikayakto