Idul Fitri
5 June 2019

Mohon maaf lahir dan...

Penerimaan Rapor Kenaikan Kelas
31 May 2019

Penerimaan Rapot Semester II bagi kelas X dan...

Hari Kenaikan Tuhan Yesus
30 May 2019

Libur memperingati peristiwa kenaikan Isa Almasih atau kenaikan Yesus Kristus ke...

UAS Susulan dan Studi Ekskursi
27 May 2019

Ulangan Akhir Semester Susulan bagi siswa/siswi yang berhalangan hadir pada saat Ulangan Akhir Semester. Studi ekskursi bagi...

UAS Susulan dan Studi Ekskursi
25 May 2019

Ulangan Akhir Semester Susulan bagi siswa/siswi yang berhalangan hadir pada saat Ulangan Akhir Semester. Studi ekskursi bagi...

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P. 2018/2019
20 May 2019

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P....

Hari Raya Waisak
19 May 2019

Libur Hari Waisak: "selamat merayakan kelahiran, kesempurnaan, dan kematian Sang Buddha pada Hari Waisak, momen penuh sukacita,...

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P. 2018/2019
13 May 2019

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P....

SEMINAR KEBANGSAAN

Tiga keprihatinan mendasar  Serikat Jesus provinsi Indonesia sekarang ini adalah: masalah Radikalisme, Lingkungan hidup, dan Kemiskinan, sedikit atau  banyak akan mewarnai berbagai jenis kegiatan yang telah dan akan diselenggarakan untuk memperingati pesta perak Seminari Wacana Bhakti dan SMA Kolese Gonzaga di tahun 2012 ini.   

Keprihatinan akan radikalisme rupanya bukan saja dirasakan Serikat Jesus belaka melainkan telah menjadi isu hangat yang aktual bagi banyak orang di negeri ini atau bahkan di belahan dunia lain terutama mereka yang begitu cinta akan NKRI yaitu negara yang mengutamakan keberagaman suku, agama, ras, budaya dan etnik.

Negara seakan tak berdaya menghadapi kaum radikal dengan aktivitasnya. Jika kelompok radikal tidak sependapat dengan kelompok lain maka mereka memberikan sikap dan tindakan yang pada kenyataannya banyak berujung pada tindakan anarkis, menggunakan “hukum jalanan” dan melakukan teror kepada kelompok–kelompok yang dianggap bertentangan dengan mereka.

Radikalisme yang berlebihan dapat membuahkan terorisme; meski ancaman dan tindakan terorisme di Indonesia sekarang tidak sedahsyat beberapa tahun yang lalu namun fenomena teror tetap akan muncul dalam waktu dan tempat yang tetap sulit untuk dideteksi.

Dalam faham kebangsaan dimana bangsa Indonesia telah, sedang dan akan hidup di bumi Pancasila maka persoalannya adalah: apakah nasionalisme akan terus dapat bertumbuh dengan subur apabila ancaman radikalisme selalu mengelilingi banyak ruang di negeri ini? Itulah pertanyaan yang selalu menggelitik hati tetapi sekaligus mencemaskan banyak warga negara yang begitu mendambakan cinta damai.

Untuk mencari jawab atas persoalan-persoalan kebangsaan di negeri ini, Panitia pesta perak Kolese Gonzaga Jakarta akan menyelenggarakan diskusi yang akan menghadirkan para ahli yang memiliki visi jelas tentang kebangsaan di Indonesia sehingga mereka dapat memberikan pandangannya agar kelak Indonesia tetap menjadi Negara Kebangsaan yang selalu menaungi semua warga negara tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras dan etnik.

Diskusi ini akan bertema: “ANCAMAN RADIKALISME TERHADAP KEBANGSAAN INDONESIA”.

Para ahli yang akan  memberikan pandangan-pandangan sesuai dengan keahliannya, yaitu :

  1. Prof.Dr.Purnomo Yusgiantoro, Menteri Pertahanan Republik Indonesia, yang akan mengupas tentang: Ancaman Radikalisme terhadap keberagaman dan kebangsaan Indonesia
  2. Dr. Ir. Pos M. Hutabarat, MA., Direktur Jenderal Potensi Pertahanan, yang akan mengupas tentang: Negara dan Keberagaman  dalam perspektif Negara Kebangsaan.
  3. Ulil Abshar Abdalla, co-founder Jaringan Islam  Liberal dan sekarang Ketua Pusat Pengembangan Strategi dan Kebijakan DPP Partai Demokrat, yang akan membahas tentang: Agama, Radikalisme dan Nasionalisme di Indonesia.
  4. B. Hari Juliawan,SJ.,Ph.D, dosen Universitas Sanata Dharma  Yogyakarta yang  akan membahas masalah “ Radikalisme: Ancaman atau Tantangan  dalam negara Kebangsaan.
  5. Dr.Nicko Harjanto, dari Rajawali Foundation yang memiliki keahlian dalam bidang politik dan pengalaman yang dimiliki karena cukup lama bekerja pada lembaga pengkajian masalah-masalah internasionl (CSIS) akan menjadi moderator .

 

Waktu dan tempat

  • Hari/tanggal: Sabtu, 12 Mei 2012
  • Pukul: 08.30 – 13.00
  • Tempat: Aula Seminari Wacana Bhakti Jl.Pejaten Barat 10 A Jakarta – Selatan

Peserta

  • Guru                          = 100 orang dari berbagai sekolah
  • Siswa                        = 100 orang ( pengurus OSIS dari berbagai sekolah )
  • Undangan                =   50 orang ( mereka yang peduli kebangsaan )

    Jumlah peserta= 250 orang( berasal dari seluruh Indonesia )

Undangan Gratis

Untuk Registrasi hubungi:

 

  • Citra Suryadi

    0856 949 24 971

http://www.kolesegonzaga.com/wp-content/uploads/2012/04/seminar-kebangsaan.jpg