Ruang Multimedia

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.

Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.

Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.

Dengan perkembangan teknologi multimedia yang cukup pesat ini tentunya SMA Kolese Gonzaga dituntut untuk bisa menghasilkan lulusan yang mampu memanfaatkan, bahkan menghasilkan karya multimedia. Dengan tuntutan seperti itulah SMA Kolese Gonzaga membuat ruangan khusus yang disebut ‘Ruang Multimedia’. Ruang multimedia ini peruntukannya adalah untuk semua jenis pembelajaran yang ada kaitannya dengan pengembangan pembelajaran melalui indra penglihatan, pendengaran, gerak dan lain-lain. Maka dengan peruntukan yang menuntut fasilitas kinerja yang cukup tinggi, ruangan ini didukung dengan 40 unit computer yang saat ini memiliki spesifikasi sangat memadai dengan Processor core i5, tampilan visual LCD 21 inchi yang terhubung dengan server pengendali. Dengan system jaringan yang dibangun ini instruktur dapat mengendalikan ke 40 unit computer sehingga aktivitas siswa dapat terpantau, share visual dengan PC lainnya dan lain-lain.¬† Fasilitas ini diharapkan mampu membekali siswa untuk jenjang pendidikan atau dunia kerja berikutnya