Perpustakaan

8 7 9

Perpustakaan Gonzaga telah ada sejak SMA Gonzaga berdiri.  Semboyan perpustakaan Kolese Gonzaga adalah Liber Petra Mundi yang artinya “Buku adalah dasar yang kokoh bagi dunia”. Oleh karena itulah koleksi buku dari tahun ke tahun makin bertambah.  Koleksi buku pada tahun ajaran 2011-2012 yang terdiri dari buku referensi dan buku-buku lain +/- 12.861 eksemplar meliputi +/- 10.000 judul buku. Ada tiga ruangan di perpustakaan kolese Gonzaga. Ruang pertama adalah ruang baca. Di tempat ini terdapat fasilitas Wifi dan fasilitas untuk membaca seperti sofa dan meja. Pemustaka harus membawa kartu pelajar untuk dapat masuk melalui flap barrier. Saat masuk ke perpustakaan hendaknya menjaga keheningan dan menggunakan pakaian yang rapi dan bersih.

18 17

2

Jika hendak mencari buku, pemustaka dapat menggunakan search engine di komputer yang tersedia atau jika hendak membaca koleksi khusus langsung menuju raknya yang berada di ruang baca. Koleksi istimewa perpustakaan Kolese Gonzaga antara lain koleksi fiksi yang berisi karya-karya bergenre chicklit, teenlit, metropop, new age, classic, maupun genre dektektif dan fiksi ilmiah. Selain koleksi fiksi, ada pula sederet koleksi Ignatian yang berisi buku-buku spiritualitas Ignatian, deretan karya tulis dan terjemahan pater J. Drost SJ, Sejarah Serikat Yesus dan kisah santo-santa, karya tulis siswa-siswi dan yang paling sering dicari adalah buku tahunan dari angkatan ke angkatan dan majalah Gonzaga. Setelah mendapatkan bukunya, pemustaka bisa duduk di karpet, di tangga kayu di santai sofa. Di tempat ini juga tersedia majalah Tempo, National Geographic, Traveller, Hidup, Angkasa, Intisari, Gadis, Luar Biasa, Trubus, Educare, dan  Provoke. Sedangkan surat kabar antara lain Media Indonesia, Kompas, Bola, dan Otomotif.  Jika ada yang ingin tidak studi pribadi disediakan 2 meja studi yang membuat kegiatan belajar jadi lebih privat.

IMG_2808 6 8

Jika pemustaka perlu melakukan diskusi dan tutorial, mereka dapat menggunakan ruang diskusi. Ruang diskusi ini memiliki sarana Wifi dan Proyektor. Selain diskusi dan tutorial, ruang diskusi juga dapat digunakan sebagai tempat nonton film. Di ruang ini, pemustaka dapat mengakses langsung buku-buku referensi yang berupa encyclopedia, kamus, maupun buku-buku serial tentang science, art, geografi, sejarah, filsafat, dan deretan karya sastra dunia dalam bahasa Inggris. Ruang ini menjadi istimewa karena pemustaka dapat memandang lapangan basket dan area depan hall Gonzaga serta pepohonan hijau di luar perpustakaan. Ruang ini selalu ramai sejak pulang sekolah hingga sore menjelang ditutupnya perpustakaan.

9 7

19 20

Ruang ketiga adalah ruang sirkulasi. Ruang ini hanya dapat dimasuki oleh pustakawan, staff guru-karyawan dan anggota kelompok pencinta perpustakaan AMSOGOBI (Amatorum Societas Gonzaga Bibliotheca). Di ruangan inilah tersimpan Koleksi buku milik perpustakaan Gonzaga tergolong lengkap mulai dari buku-buku pengetahuan umum, filsafat dan psikologi, agama, ilmu-ilmu sosial, bahasa, ilmu pengetahuan alam, ilmu-ilmu terapan, seni dan olahraga, sastra, maupun sejarah dan geografi. Di sinilah buku-buku baru diproses, diberi bar code, disampuli dan kemudian siap dipinjam. Di sini pula pemustaka menyerahkan kertas pemesanan buku dan memesan untuk memfotokopi sebagian buku untuk  keperluan penulisan karya ilmiah. Koleksi terbaru yang sedang dalam pengembangan adalah ebook untuk keperluan soal-soal ujian nasional dan latihan-latihan soal yang dikembangkan dalam program Gonzaga Magis.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada tahun 2018, perpustakaan SMA Kolese Gonzaga dalam memotivasi siswa-siswi Gonzaga agar semakin mahir dalam menulis, mengadakan lomba menulis resensi buku. Nah, ini adalah pemenang lomba tersebut, yaitu Juara 1 dimenangkan oleh Fesilitas Prajna Nindita kelas XI IPS 1 (kiri), Juara 2 adalah Primus Bryant Carrillo kelas XI IPS 1 (tengah), dan Juara 3 adalah Juan Alessandro Jeremis kelas XI IPA 5 (kanan).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dalam rangka merayakan hari Kartini tahun 2018 di SMA Kolese Gonzaga, Perpustakaan SMA Kolese Gonzaga pun ikut berpartisipasi untuk merayakannya, antara lain dengan berpakaian tradisional, serta menampilkan buku-buku tentang Kartini. Buku-buku itu antara lain Habis Gelap Terbitlah Terang, Kartini (berupa surat-surat yang ditulis Kartini kepada Ny. R.M. Abendanon-Mandri dan suaminya). AMDG.