Idul Fitri
5 June 2019

Mohon maaf lahir dan...

Penerimaan Rapor Kenaikan Kelas
31 May 2019

Penerimaan Rapot Semester II bagi kelas X dan...

Hari Kenaikan Tuhan Yesus
30 May 2019

Libur memperingati peristiwa kenaikan Isa Almasih atau kenaikan Yesus Kristus ke...

UAS Susulan dan Studi Ekskursi
27 May 2019

Ulangan Akhir Semester Susulan bagi siswa/siswi yang berhalangan hadir pada saat Ulangan Akhir Semester. Studi ekskursi bagi...

UAS Susulan dan Studi Ekskursi
25 May 2019

Ulangan Akhir Semester Susulan bagi siswa/siswi yang berhalangan hadir pada saat Ulangan Akhir Semester. Studi ekskursi bagi...

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P. 2018/2019
20 May 2019

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P....

Hari Raya Waisak
19 May 2019

Libur Hari Waisak: "selamat merayakan kelahiran, kesempurnaan, dan kematian Sang Buddha pada Hari Waisak, momen penuh sukacita,...

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P. 2018/2019
13 May 2019

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P....

PELANTIKAN SENATOR PERIODE 2017-2018

Usai  sudah pesta demokrasi yang dilaksanakan hampir 6 bulan lamanya. Ketua Senat baru periode 2017-2018 bersama senator lain telah dilantik dalam upacara bendera tanggal 23 Januari 2017. Elisabeth Sekar Kusumawardhana  (kelas XI) sebagai Ketua Senat bersama 10 senator lainnya siap melaksanakan tugas dengan motto:  “SERVIRE EXEMPLA TRAHIT” yang artinya “MELAYANI ADALAH MELAKSANAKAN DALAM PERBUATAN”.

Menapaktilasi perjalanan Elisabeth Sekar dan teman-teman menjadi pengurus senat yang baru bukanlah perjalanan yang mudah.  Ada banyak tahap yang harus mereka lalui.

Tahap pertama adalah pendaftaran untuk mengikuti  tes tertulis.  Tes diikuti oleh 120 siswa.  Dari hasil tes tersebut terpilihlah 60 kandidat. Tahap kedua,  ke 60 kandidat wajib mengikuti  LKI (Latihan Kepemimpinan Ignatian). Latihan ini diadakan selama tiga hari di Civita Youth Camp yang dipimpin oleh Pater Bei, SJ. Tahap ketiga, para kandidat diminta untuk menjadi koordinator acara untuk segenap anggota komunitas SMA Kolese Gonzaga. Mereka mengadakan misa natal, dan kegiatan “first day, free day”. Acara tersebut berjalan sangat meriah. Tahap keempat, para kandidat mengikuti tes wawancara. Pewawancaranya adalah Pater Moderator, guru pendamping senat, dan siswa dalam hal ini diwakili oleh pengurus senat periode sebelumnya. Hasil dari tes wawancara ini terpilih tiga kandidat ketua senat periode yang baru.

       

 

Tahap kelima, tiga kandidat ketua senat mengadakan kampanye selama dua minggu untuk mensosialisasikan progam unggulannya. Mereka dibantu oleh tim sukses masing-masing. Tahap keenam, setelah dua minggu berkampanye, tibalah hari pleno umum. Pleno umum dihadiri oleh segenap anggota komunitas yang terdiri dari siswa, guru, dan karyawan. Dalam pleno ini ketiga kandidat ketua senat memaparkan program yang akan mereka laksanakan jika terpilih sebagai ketua.
Setiap kandidat dipersilakan untuk saling mengritisi program satu sama lain. Para peserta pleno pun mendapat hak bertanya dan memperoleh penjelasan  dari para kandidat.  Pleno akbar ini acara yang sangat diminati dan ditunggu oleh segenap anggota komunitas. Tahap yang terakhir adalah hari pencoblosan dan perhitungan suara. Dan hari itu juga  hasil diumumkan.  Ketua senat resmi terpilih, kandidat dengan jumlah suara terbanyak dipilih sebagai ketua senat baru.

Ada banyak pembelajaran yang dipetik dalam proses pemilihan ketua senat di SMA Kolese Gonzaga. Siswa diajak belajar menjalankan demokrasi secara sopan dan elegan. Mereka juga belajar untuk menjadi seorang pemimpin, tidak cukup hanya pandai, tapi perlu kebaikan hati. Karena menjadi pemimpin adalah menjadi pelayan bagi orang lain.

Selamat bekerja Elisabeth Sekar Kusumawardhana dan senator 2017-2018. Bersemangat dan bersukacitalah dalam melayani. Terima kasih buat anggota senat periode 2016-2017. Pelayanan dan usaha keras kalian telah dirasakan oleh komunitas SMA Kolese Gonzaga. Tuhan memberkati.

AMDG