Idul Fitri
5 June 2019

Mohon maaf lahir dan...

Penerimaan Rapor Kenaikan Kelas
31 May 2019

Penerimaan Rapot Semester II bagi kelas X dan...

Hari Kenaikan Tuhan Yesus
30 May 2019

Libur memperingati peristiwa kenaikan Isa Almasih atau kenaikan Yesus Kristus ke...

UAS Susulan dan Studi Ekskursi
27 May 2019

Ulangan Akhir Semester Susulan bagi siswa/siswi yang berhalangan hadir pada saat Ulangan Akhir Semester. Studi ekskursi bagi...

UAS Susulan dan Studi Ekskursi
25 May 2019

Ulangan Akhir Semester Susulan bagi siswa/siswi yang berhalangan hadir pada saat Ulangan Akhir Semester. Studi ekskursi bagi...

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P. 2018/2019
20 May 2019

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P....

Hari Raya Waisak
19 May 2019

Libur Hari Waisak: "selamat merayakan kelahiran, kesempurnaan, dan kematian Sang Buddha pada Hari Waisak, momen penuh sukacita,...

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P. 2018/2019
13 May 2019

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P....

MISA NATAL DAN AWAL TAHUN

Hari pertama semester genap di SMA Kolese Gonzaga dimulai dengan perayaan Ekaristi yang diadakan pada hari Senin (4/1) pagi. Ekaristi Natal dan tahun baru ini dipimpin oleh Pater Thomas Sarjumunarsa, SJ dan sebagai konselebran adalah Pater Leonardus Evert Bambang Winandoko, SJ dan Pater Antonius Vico Christiawan, SJ.

Pada perayaan Ekaristi kali, ada beberapa hal yang spesial. Sebelum perayaan Ekaristi dan di tengah Liturgi Sabda, para siswa mengekspresikan kegembiraan Natal mereka dengan puisi yang dibacakan oleh beberapa siswa sebagai perwakilan. Hal ini bisa diartikan bahwa berekspresi di SMA Kolese Gonzaga bisa dilakukan dengan bebas, meskipun tetap sesuai aturan dan norma.

misa3 misa2 misa1

Homili pada perayaan Ekaristi kali ini dibawakan oleh Pater Winandoko. Dalam homilinya, Pater Koko mengajak civitas akademika semakin membuka diri dan menjalani hari-hari dengan Kristus yang telah lahir di dalam diri. Hal itu dapat dilakukan dengan cara bersukacita dan bertanggung jawab. Pesan ini tidak terlepas dari semangat Gereja yang selalu memancarkan cahaya Kristus. “Fulget ecclesia non suo sed Christi lumine”, Gereja tidak bercahaya dari dirinya sendiri melainkan dari cahaya Kristus. Dengan demikian, komunitas SMA Kolese Gonzaga diajak untuk menjadikan Kristus sebagai terang yang terpancar dalam kehidupan sehari-hari yang penuh dengan sukacita dan dijalankan secara bertanggung jawab. Pater Koko mencontohkan agar kita bisa meneladan Paus Fransiskus yang mau menolong masyarakat lemah saat masih menjadi seorang imam dan uskup di Argentina.

prestasi2 prestasi1

Perayaan Ekaristi berlangsung sekitar satu setengah jam. Setelah perayaan Ekaristi selesai, acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada siswa-siswa berprestasi baik di bidang akademik maupun non-akademik. Cukup banyak siswa yang memperoleh penghargaan yang menunjukkan bahwa siswa dan siswi yang selalu mau menjadi yang terbaik demi kemuliaan Tuhan yang lebih besar. Setelah pemberian penghargaan, para siswa melanjutkan dengan acara yang diadakan oleh peserta LDK Senat tahun ajaran 2015/2016, yakni GEPREK atau Gonzaga Ekspresi.

prestasi4 prestasi3

GEPREK

Geprek. Apa sebenarnya itu? GEPREK merupakan akronim dari Gonzaga Ekspresi, sebuah acara yang bertujuan untuk mewadahi ekspresi yang dimiliki oleh siswa-siswi SMA Kolese Gonzaga. Panitia dalam acara ini ialah para peserta LDK Senat tahun ajaran 2015/2016. Acara ini terbagi ke dalam beberapa bagian. Selain terdapat papan tempat menuliskan harapan dan perasaan di depan hall, ada pula talk show yang digelar di Aula Seminari. Di dalam talk show kali ini, panitia mengundang alumni yang sekarang sedang belajar di berbagai universitas. Mereka bukan sembarang alumni. Ketika mereka menjadi pelajar di SMA Kolese Gonzaga, kecerdasan dan aktivitas di dalam organisasi lekat pada predikat mereka.

Talk show sendiri membahas tentang apa yang ada di dalam sekolah. Mulai dari cerita lucu pengalaman saat sekolah, pengalaman sehari-hari di sekolah maupun nilai-nilai yang diperjuangkan oleh SMA Kolese Gonzaga seperti 3C. Para siswa yang hadir amat antusias. Bahkan mereka yang tak mendapat tempat di dalam Aula Seminari tetap mau mendengarkan meskipun harus duduk di luar. Acara talk show yang menarik ini berakhir sekitar pukul 12.30 siang. Setelah acara talk show ada penampilan musik dari siswa sebagai bentuk ekspresi perasaan mereka. Setelah selingan musik, para siswa diajak menuju lapangan tengah untuk mengikuti acara penutupan dengan menyanyikan Mars sekolah secara bersama-sama.

Selamat Natal dan Tahun Baru! Semoga semangat Natal di tahun yang baru semakin membuat civitas akademika semakin bersukacita dan bertanggung jawab. AMDG!