Idul Fitri
5 June 2019

Mohon maaf lahir dan...

Penerimaan Rapor Kenaikan Kelas
31 May 2019

Penerimaan Rapot Semester II bagi kelas X dan...

Hari Kenaikan Tuhan Yesus
30 May 2019

Libur memperingati peristiwa kenaikan Isa Almasih atau kenaikan Yesus Kristus ke...

UAS Susulan dan Studi Ekskursi
27 May 2019

Ulangan Akhir Semester Susulan bagi siswa/siswi yang berhalangan hadir pada saat Ulangan Akhir Semester. Studi ekskursi bagi...

UAS Susulan dan Studi Ekskursi
25 May 2019

Ulangan Akhir Semester Susulan bagi siswa/siswi yang berhalangan hadir pada saat Ulangan Akhir Semester. Studi ekskursi bagi...

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P. 2018/2019
20 May 2019

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P....

Hari Raya Waisak
19 May 2019

Libur Hari Waisak: "selamat merayakan kelahiran, kesempurnaan, dan kematian Sang Buddha pada Hari Waisak, momen penuh sukacita,...

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P. 2018/2019
13 May 2019

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P....

Merayakan Jiwa Pemimpin, Merayakan Gonzaga #26 (Certamus Ad Humiliter Serviendos Proximos)

 

DSC01007

Ada banyak hal yang bisa diceritakan kembali bila mengingat angkatan 26 SMA Kolese Gonzaga. Semua kenangan itu dirayakan dalam Graduation dan Farewell Night yang dihadiri oleh siswa-siswi SMA Kolese Gonzaga angkatan 26. Semua itu terjadi di hari sabtu, 23 Mei 2015 di Pejaten Barat 10 A. Tema Graduation dan Farewell Night tahun ini adalah Certamus Ad Humiliter Serviendos Proximos yang berarti, “Kami Berjuang untuk Melayani Dalam Kesederhanaan”.

IMG_0086 IMG_0080 IMG_0110

IMG_0244 IMG_0294 IMG_0283

Acara Graduation dimulai pada pukul 15.00. Sejak pukul 13.00, orang tua murid dan anak-anaknya mulai berdatangan. Selain bersiap untuk menggunakan toga, mereka juga melakukan sesi foto di booth yang disediakan. Perayaan Graduation dimeriahkan dengan penampilan dari kelompok paduan suara Gonzaga, Surga dan Wacana Bhakti Symphoni Orchestra.  Pater Kepala Sekolah, Pater Leonardus  E. B. Winandoko SJ., M. Ed. dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “Siswa-siswi SMA Kolese Gonzaga telah dan akan terus berproses menjadi pribadi yang tangguh dan unggul, yang mengarah pada pembentukan pribadi pemimpin. Mereka telah dan akan terus belajar mengarahkan hidupnya pada kebaikan seraya mengajak orang lain menjadi pemimpin-pemimpin masa depan pencipta tatanan masyarakat yang mengutamakan nilai-nilai kebaikan. Mereka akan terus belajar dan berusaha mengubah dunia menjadi lebih baik, dengan terus berjuang melayani sesama dalam kesederhanaan: Certamus Ad Humiliter Serviendos Proximos!”

IMG_4457

Pada acara tersebut dirayakan sejumlah pencapaian dan penghargaan. Siswa-siswi yang mendapatkan penghargaan antara lain; Gregorius Pramudito menerima penghargaan Leadership; Gusti Nur Asla Shabia menerima penghargaan Perpustakaan; Patricia Cindy Andriani menerima penghargaan Social Science; Sergio Ryan Wibisono menerima penghargaan Natural Science; Ireneus Mario menerima penghargaan Art; Ignatius Robert Pattipeilohy menerima penghargaan di bidang Olahraga; Yanuarius Raditya Pradipta menerima penghargaan Gonzagan; dan Laurentius Damar Parthasiwi sebagai lulusan terbaik dengan nilai akademik tertinggi.

DSC01011 DSC01005

Toga-toga beterbangan di sport hall yang didekorasi menjadi ruang pesta menandakan berakhirnya acara Graduation. Seiring dengan pulangnya orang tua ke rumah masing-masing, siswa-siswi berganti pakaian. Nampak para siswa memakain kemeja, dasi, dan jas hitam sedangkan para siswi memakai gaun pesta. Semua siswa nampak gagah dan percaya diri dan semua siswi nampak dewasa dan anggun.  Semua siswa dan siswi memakai topeng didampingi oleh Panglima Divisi dan Angelus Divisi, mereka memasuki ruang yang sudah disusun menjadi ruang pesta. Acara Farewell Night yang dipimpin oleh MC Dino Alumnus Gonzaga Angkatan 16 ini dibuka dalam suasana khusuk karena lampu-lampu dimatikan. Kemudian acara diisi dengan menampilkan band-band cadas dari siswa-siswi Gonzaga angkatan 26.

Pada acara penutup, MC mengajak semua peserta untuk saling menyapa satu sama lain, saling memaafkan, dan berkumpul dengan teman-teman yang walaupun satu angkatan tetapi belum pernah berbicara. Setelah acara yang mengharukan itu siswa-siswi berkumpul di lapangan basket untuk saling berbagi kisah, kesan, dan harapan selama menjalani proses formasi di SMA Kolese Gonzaga. Semua itu kemudian ditutup dengan diterbangkannya lampion dan dibakarnya kertas berisi harapan-harapan di api unggun yang disediakan di tengah lapangan. Angkatan ini tidak hanya menutup pertemuan dengan Mars Gonzaga tetapi juga lagu yang biasa mereka nyanyikan bersama dalam Laskar Gonzaga dengan tangan terkepal ke angkasa sebagai semangat solidaritas persaudaraan dalam satu keluarga, Long Live My Family buah karya Endang Soekamti, band Punk Rock dari Yogyakarta.

 

“Aku ada di sini menghiburmu

Sekali lagi seperti dulu

Senang ataupun susah slalu ceria

Long Live my Family”