Lustrum VI Kolese Gonzaga

Gonz for Indonesia

The 30th Anniversary of Gonzaga College

Justice – Caring – Community

 

Prolog

Rangkaian kegiatan lustrum VI Kolese Gonzaga 2017 dengan tema GONZ FOR INDONESIA (MERAJUT SEMANGAT KEBANGSAAN) dilandasi oleh semangat Finding God in All Things. Proses berjumpa dengan Allah dalam kehidupan sehari-hari merupakan semangat yang kami internalisasikan dalam proses pendidikan di komunitas kami. Rangkaian kegiatan Lustrum VI ini pun kami rancang sehingga proses pencarian dan perjumpaan terus menerus dengan Allah berkelanjutan.

Rangkaian acara Lustrum VI merupakan sebuah konsep yang berangkat dari 3 keprihatinan Serikat Jesus Provinsi Indonesia dan Arah Dasar Keuskupan Agung Jakarta yaitu kerusakan lingkungan hidup, merosotnya nilai-nilai kebangsaan karena radikalisme agama, dan kemiskinan.

Kami merayakan usia ke-30 sebagai ungkapan rasa syukur dan kegembiraan atas keberadaan dan keterlibatan kami dalam mendidik generasi muda bangsa Indonesia di Jakarta. Usia tiga puluh tahun merupakan saat yang tepat bagi kami untuk menunjukkan bakti kami kepada masyarakat. Kami adalah komunitas yang peduli, bertanggung jawab dan ingin semakin membaktikan karya dan hidup pelayanan kami bagi bangsa dan Gereja.

AD MAIOREM DEI GLORIAM.

Rangkaian Kegiatan

A. Gonzaga Lustrum Festival

Pada tanggal 21-28 Oktober 2017, kami akan mengadakan lomba-lomba di bidang akademik, olah raga, seni, dan liturgi bersama dengan sekolah-sekolah lain dari SD, SMP, dan SMA di wilayah JABODETABEK. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang melibatkan para murid yang didampingi oleh para guru.

B. Family Gathering

Pada tanggal 22 Oktober 2017 rangkaian acara lustrum akan diteruskan dengan Family Gathering. Kegiatan ini merupakan usaha bersama para orang tua siswa, siswa, alumni, para guru, dan karyawan yang tergabung dalam keluarga besar komunitas Kolese Gonzaga. Sebagai satu keluarga kami berharap agar semakin memampukan diri untuk tumbuh bersama dalam proses pelayanan kami.

C. Live in Kolese dan Arts Festival

Puncak acara lustrum yang akan diselenggarakan pada 27 Oktober sampai dengan 3 November 2017 akan merangkum semua hal ikhwal rencana lustrum dengan melibatkan seluruh kolese di Indonesia. Gagasan malam seni adalah pentas musik orkestra yang melibatkan seluruh penampil dan undangan dengan tiga bagian: 1) care for earth, 2) peace & justice, dan 3) for our nation & community. Malam seni (Arts Festival) dengan tema Gonz for Indonesia akan dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2017 dan 1 November 2017 bertempat di Gedung Balai Sarbini, The Downtown Concert Hall.

D. Seminar Kebangsaan

Pada tanggal 28 Oktober 2017 dan 1 November 2017 aksi nyata Kolese Gonzaga yang mengarahkan konsep pendidikannya ke ranah human excellence and academic excellence semakin dipertegas dengan acara seminar nasional kebangsaan dan nasionalisme. Pergulatan intelektual dan bangunan karakter manusia diejawantahkan dengan menanggapi keprihatinan bangsa yaitu merosotnya bangunan pendidikan dan nasionalisme. Sebagai sebuah komunitas pendidikan kita patut memperjuangkannya.

Seminar Kebangsaan 28 Oktober 2017 bertemakan Merajut Semangat Kebangsaan dalam Bingkai NKRI dengan sub tema Semangat Pemuda 1928 untuk Keutuhan Indonesia dengan pembicara:

  • Pater Prof. Dr. Franz Magnis Suzeno, S.J.
  • Prof. Dr. Syafei Maarif
  • Prof. Dr. KH Said Agil Siradj
  • Sela Wangkar (Moderator)

Seminar Kebangsaan 1 November 2017 dengan tema yang sama yaitu Merajut Semangat Kebangsaan dalam Bingkai NKRI dengan sub tema Pengamanan dan pengamalan Pancasila untuk Keutuhan NKRI akan menghadirkan pembicara:

  • Prof. Dr. Yudi Latif
  • Pater E. Baskoro Poedji Noegroho, S.J.
  • Mohamad Sobari
  • Dr. Nico Harjanto (Moderator)

E. Pameran Buku dan Launching Buku

Pada tanggal 1 November 2017 akan dilaksanakan pameran buku dan launching buku. Pameran buku dan launching buku merupakan kegiatan bersama yang merupakan sumbangsih dari para siswa, para pendiri, para imam, awam yang terlibat, dan beberapa pakar pendidikan dalam konteks kebangsaan. Gagasan dasar untuk launching atau penerbitan buku tersebut adalah untuk semakin menandai kehadiran, kepedulian, dan aksi nyata kita kepada dunia. Buku yang akan diterbitkan merupakan hasil refleksi dan kesaksian para siswa Kolese Gonzaga atas praktik-praktik peri kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

F. Misa Syukur

Misa dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur atas eksistensi Kolese Gonzaga dalam pelayanan pendidikan selama kurun waktu 30 tahun. Tanggal 3 November 2017 akan diadakan Misa Syukur Agung bersama para imam konselebran yang merupakan alumni Kolese Gonzaga.

G. Pagelaran Wayang Kulit

Penutupan rangkaian kegiatan lustrum akan ditandai dengan ucapan syukur nyata bersama masyarakat sekitar yaitu dengan diadakannya pagelaran wayang kulit. Pagelaran wayang kulit akan dilaksanakan di area Kampus Kolese Gonzaga pada tanggal 4 November 2017 dengan lakon PANDAWA NGENGER yang akan dibawakan oleh Ki Dalang Suranto Hadi Sucipto.

Agenda Kegiatan Lustrum VI Kolese Gonzaga

Gonzaga Lustrum Festival

21-28 Oktober 2017 : Gonz’s 30th Anniversary Competition

Family Gathering

22 Oktober 2017 : Family Gathering Orang tua siswa,Alumni, Guru dan Karyawan Kolese Gonzaga

Live in Kolese

27 Oktober -5 November 2017

Art Performance

31 Oktober 2017 : Gonz for Indonesia in Music Concert I

1 November 2017 : Gonz for Indonesia in Music Concert II

Seminar Kebangsaan

28 Oktober 2017 : Seminar Pendidikan dan Kebangsaan I

1 November 2017 : Seminar Pendidikan dan Kebangsaan II

Penulisan dan Launching Buku

1 November 2017 : Launching Buku tentang Kebangsaan Indonesia

Misa Syukur

3 November 2017 : Misa Syukur

Wayangan

4 November 2017 : Pementasan wayang dengan lakon PANDAWA NGENGER oleh Dalang Ki Suranto Hadi Sucipto