Idul Fitri
5 June 2019

Mohon maaf lahir dan...

Penerimaan Rapor Kenaikan Kelas
31 May 2019

Penerimaan Rapot Semester II bagi kelas X dan...

Hari Kenaikan Tuhan Yesus
30 May 2019

Libur memperingati peristiwa kenaikan Isa Almasih atau kenaikan Yesus Kristus ke...

UAS Susulan dan Studi Ekskursi
27 May 2019

Ulangan Akhir Semester Susulan bagi siswa/siswi yang berhalangan hadir pada saat Ulangan Akhir Semester. Studi ekskursi bagi...

UAS Susulan dan Studi Ekskursi
25 May 2019

Ulangan Akhir Semester Susulan bagi siswa/siswi yang berhalangan hadir pada saat Ulangan Akhir Semester. Studi ekskursi bagi...

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P. 2018/2019
20 May 2019

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P....

Hari Raya Waisak
19 May 2019

Libur Hari Waisak: "selamat merayakan kelahiran, kesempurnaan, dan kematian Sang Buddha pada Hari Waisak, momen penuh sukacita,...

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P. 2018/2019
13 May 2019

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P....

Kunjungan Sosial, 10 – 13 Maret 2014

“Men and Women for Others”

 

Kunjungan Sosial, 10 – 13 Maret 2014

 

Sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkan core value compassion, SMA Gonzaga memiliki kegiatan yang disebut Kunjungan sosial (Kunsos). Kunsos ini diikuti oleh siswa/i kelas X. Kunsos 2014 ini diadakan selama empat hari, bersamaan dengan ujian sekolah. Siswa/i kelas X mengunjungi enam panti, yaitu PA Si Boncel, Yayasan Rumah Piatu Muslimin, PA Pelayanan Kasih Bhakti Mandiri, Yayasan Pendidikan Dwituna ‘Rawinala’, SOS Desa Taruna Jakarta, dan PA Vincentius Puteri.  Mereka mengunjungi panti secara berkelompok, sesuai dengan kelompok pohon jamborenya. Setiap kelompok mendapat jatah kunjungan satu kali ke satu panti. Dengan demikian, setiap kelompok menghadapi pengalaman yang berbeda. Pengalaman-pengalaman ini akan dituangkan dalam sebuah tulisan refleksi pribadi dan kelompok. 

Secara umum, para siswa/i terlihat menikmati kunjungan. Mereka terlibat aktif dalam kegiatan yang ada. Di PA Si Boncel, anak anak dan para siswa/i bermain dengan riang gembira. Walaupun mereka merasa kecapaian dan bersimbah peluh, mereka dapat merasakan dan memberikan kasih sayang. Di Yayasan Rumah Piatu Muslimin, para siswa/i berelasi dengan baik terhadap anak anak tuna ganda. Bahkan, ada siswi yang dengan rela hati menggendong seorang anak yang memiliki cacat netra, lumpuh, dan tuli.

  

Saat mengunjungi PA Bhakti Mandiri, anak anak panti mengajari dan bekerja sama dengan para siswa/i untuk membersihkan ruangan. Dan kegiatan diakhiri dengan makan snack bersama. Pengalaman di Rawinala tidak kalah menariknya. Para siswa/i merasa tersentuh karena anak anak tuna ganda ini mampu menyuguhkan hiburan musik dengan baik dan indah. Terlebih lagi, mereka terinspirasi bahwa anak-anak Rawinala mampu mengurus diri sendiri dengan segala kekurangannya.

Dalam kunjungan ke SOS Desa Taruna, para siswa/i membantu pekerjaan rumah tangga di tiap unit rumah. Mereka menjalin percakapan dan pertemanan dengan anak anak desa taruna yang berumur dua tahun sampai 21 tahun. Sedangkan di Panti yang terakhir, yaitu PA Vincentius Puteri, para siswa/i mempunyai pengalaman yang berbeda. Kali ini, dengan penghuni yang semuanya putri, para siswa, dan juga para siswi, membantu anak anak panti untuk belajar.

Akhir kata, besar harapan kita semua agar kunjungan ini bermanfaat bagi kedua belah pihak, terutama bagi para siswa/i SMA Gonzaga. Semoga mereka semakin mampu, dengan segenap akal dan hati, menghidupi makna compassion yang menjadi salah satu pendidikan utama di SMA Gonzaga yang tercinta ini.

-. AD MAIOREM DEI GLORIAM .-