Idul Fitri
5 June 2019

Mohon maaf lahir dan...

Penerimaan Rapor Kenaikan Kelas
31 May 2019

Penerimaan Rapot Semester II bagi kelas X dan...

Hari Kenaikan Tuhan Yesus
30 May 2019

Libur memperingati peristiwa kenaikan Isa Almasih atau kenaikan Yesus Kristus ke...

UAS Susulan dan Studi Ekskursi
27 May 2019

Ulangan Akhir Semester Susulan bagi siswa/siswi yang berhalangan hadir pada saat Ulangan Akhir Semester. Studi ekskursi bagi...

UAS Susulan dan Studi Ekskursi
25 May 2019

Ulangan Akhir Semester Susulan bagi siswa/siswi yang berhalangan hadir pada saat Ulangan Akhir Semester. Studi ekskursi bagi...

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P. 2018/2019
20 May 2019

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P....

Hari Raya Waisak
19 May 2019

Libur Hari Waisak: "selamat merayakan kelahiran, kesempurnaan, dan kematian Sang Buddha pada Hari Waisak, momen penuh sukacita,...

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P. 2018/2019
13 May 2019

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P....

Gonzaga Festival 20-26 Oktober 2013

DISCOVER THE UNDISCOVERED.

Gonzaga Festival 20-26 Oktober 2013

 

Gonzaga Festival (Gonzfest) tahun ini dibuka dengan dua acara yang menarik, yaitu pelepasan balon dan pelepasan spanduk Gonzfest. Pelepasan balon secara simbolik dilakukan oleh Inspektur upacara, yaitu Pater Vico Christiawan, SJ (Pater Moderator) dan oleh para peserta yang berjumlah lebih dari 100 peserta dari pelbagai sekolah SMP dan SMA seluruh Jabodetabek. Balon-balon yang terbang ke angkasa tersebut sungguh menjadi pertanda bahwa acara Gonzfest berjalan dengan meriah dan lancar. Sementara itu, pelepasan spanduk gonzfest dari atas wall-climbing dilakukan oleh seorang panitia Gonzfest. Dari atas wall-climbing, seorang panitia tersebut melakukan atraksi yang cukup memukau, yaitu ikut turun dengan tali bersamaan terbukanya spanduk Gonzfest.

Dalam pidatonya, Pater Vico menjelaskan tema Gonzfest 2013 kepada peserta upacara. Beliau mengatakan bahwa makna dari tema Discover the Undiscover adalah untuk menggali, mengasah, dan menampilkan segenap bakat para peserta untuk dipertandingkan dalam acara gonzfest 2013 di SMA Kolese Gonzaga ini. Yang diusung adalah semangat sportivitas dalam bertanding, yaitu kejujuran dan mau menerima kekalahan secara sehat. Selain itu, beliau juga mengharapkan agar dalam ajang gonzfest ini tercipta persahabatan antarsekolah secara sehat.

Pada hari itu juga perlombaan basket putera-puteri untuk SMP dan SMA dilangsungkan. Selain itu, pertandingan voli putera-puteri dan minisoccer dilangsungkan untuk SMA. Pada hari selanjutnya, yaitu mulai dari hari Senin hingga Jumat, pertandingan demi pertandingan berlangsung seru dan menarik. Lokasi pertandingan tidak hanya diselenggarakan di SMA Kolese Gonzaga saja, melainkan di beberapa tempat untuk efektifitas dan efisiensi waktu, seperti misal di Cilandak Town Square (Citos), Balai Remaja di Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) untuk pertandingan pencak silat, dan di kafe Rolling Stone untuk perlombaan band. Setiap hari panitia mengumumkan skor pertandingan dan promosi acara closing pada tanggal 26 Oktober di situs jejaring sosial twitter, yaitu di @GonzFest. Ada sekitar 28 bidang lomba yang dipertandingkan yang terdiri dari bidang olah raga dan non-olah raga. Bidang olah raga yang dipertandingkan antara lain adalah basket, voli, futsal, minisoccer, pencak silat, taekwondo, billiard, dan wall-climbing. Sementara itu bidang non-olah raga yang dipertandingkan adalah poster design, CS, dotA, debat, fotografi, dance, cheerleading, band, runaway project, mural, dan short movie.

Para pemenang dari macam-macam lomba tersebut antara lain adalah SMP Santa Ursula (poster design), SMA Ora et Labora (CS), SMA Marsudirini (dotA), SMA Regina Pacis Bogor tim B (debat), SMA Islam Al-Ikhlas (submit photo), SMA Gonzaga (rally photo), Mentari International School (mural), SMA Notre Dame (short movie), SMA 8 (dance), SMP Santa Ursula BSD (dance), SMAN 47 (Cheerleading), SMA Stella Maris (band), SMP Islam Al-Ikhlas (futsal SMP), SMA Regina Pacis (futsal SMA), SMA 60 (mini-soccer), SMA Ora et Labora (basket putera), SMA Santa Ursula BSD (basket puteri), SMP Mardiyuana (basket putera dan puteri), SMK 41 (voli putera), SMA Strada Budiluhur (voli puteri), SMA Kolese Gonzaga (billiard), SMA Regina Pacis Bogor (paduan suara), SMP Santa Ursula BSD (paduan suara), SMA Theresia (runaway project), SMA Kolese Gonzaga (wall-climbing). Yang menarik selama perlombaan adalah kehadiran laskar Gonzaga, dengan jumlah anggota dan alat-alat drumnya, yang setia mendukung peserta lomba dari SMA Kolese Gonzaga dan Wacana Bhakti dan bahkan dari SMA Kolese Kanisius.

Pada hari Sabtu, 26 Oktober 2013, acara closing dibuka oleh Pater L.E.B. Winandoko, SJ (kepala sekolah). Beliau berpesan bahwa seluruh rangkaian acara Gonzfest adalah semata-mata demi semakin terwujudnya men and women for others dan demi semakin besarnya kemuliaan Allah. Acara closing dimeriahkan oleh penampilan dari para pemenang lomba, misalnya SMA Stella Maris dan runaway project. Selain itu, tampilan dari tuan rumah, yaitu Capoeira Gonzaga, Suara Gonzaga (SurGa), band Gonzaga, dance Gonzaga, dan Gonzaga percussion juga membuat suasana acara closing semakin menarik. Acara closing juga didukung oleh tampilan band-band terkenal yang membuat suasana menjadi semakin seru, yaitu BoRock&Roll band, HiVi band, Besok Bubar band, Dried Cassava band, Seringai Band, dan akhirnya Maliq n d’Essentials band. Besarnya jumlah penonton yang hadir lebih dari 1500-an orang membuat acara closing ini menjadi daya tarik masyarakat sekitar. Pada penghujung acara closing, seperti telah menjadi tradisi dari kolese-kolese di seluruh Indonesia, termasuk Kolese Gonzaga, ketua panitia, Jonathan Thewira, memimpin lagu Mars Kolese Gonzaga. Dengan demikian, berakhirlah acara Gonzaga Festival 2013.