Say No to Drugs

21 Februari 2014

Penggunaan narkotika dan obat terlarang (narkoba) di luar anjuran medis di kalangan kaum muda sudah lama menjadi ancaman serius. Pasalnya akibat yang ditimbulkan menjadi persoalan serius pendidikan, ekonomi, sosial, dan politik. Kebanyakan yang menjadi korban adalah anak-anak muda. Dalam situasi seperti ini, Badan Narkotika Nasional (BNN) DKI Jakarta berinisiatif melatih siswa-siswi di tingkat SMA untuk mengenali lebih dini bahaya penggunaan narkoba ini. Di sinilah 25 siswa-siswi SMA Kolese Gonzaga ikut berpartisipasi dalam penanggulangan bahaya narkoba dengan mengikuti kegiatan pelatihan dan pembekalan penanggulangan narkotika tersebut.

Ada dua sesi dalam pelatihan dan pembekalan tersebut. Sesi pertama berisi tentang informasi terkini jenis-jenis narkotika dan bahaya penggunaannya, serta bahaya merokok, alkohol, dan pelbagai cairan yang berbahaya bagi kesehatan. Sesi kedua berisi tentang bagaimana menghadapi ancaman tersebut dengan mengubah paradigma siswa-siswi. Perubahan paradigma ini penting agar mampu mengenali logika-logika semu dan sempit yang coba ditawarkan para pengedar narkoba ini kepada para siswa-siswi.

Demikianlah pelatihan dan pembekalan penanggulangan narkoba kepada 25 siswa-siswi SMA Kolese Gonzaga menjadi awal dari kesadaran hidup yang sehat secara psikologis, ekonomis, sosial dan edukasional agar semakin mampu membangun masyarakat yang sadar akan bahaya narkoba ini.