Gonzaga for Earth

Jakarta, 20 November 2011

Gonzaga lebih memilih bertindak untuk lingkungan hidup daripada berkata-kata: bersepeda dan menanam pohon. Launching Lustrum V Gonzaga yang akan jatuh pada tanggal 3 November 2012 dilaksanakan dengan bersepeda dan menanam pohon. Hadir dalam kesempatan ini adalah perwakilan dari Walikota Jakarta Selatan dan Oppie Andaresta sebagai duta lingkungan hidup untuk Indonesia.

Kurang lebih 600 sepeda beriringan dari kampus Kolese Gonzaga ke Taman Ayodya Jakarta Selatan untuk menyatakan kepedulian mereka terhadap lingkungan yang tercemar. Selain itu, penanaman 25 pohon jati (karena Kolese Gonzaga terletak di jalan pejaten) dan matoa dilakukan di kompleks Kolese Gonzaga sebagai lambang pesta perak sekolah tersebut di tahun mendatang. Direncanakan juga penanaman pohon mangrove pada bulan Januari 2012 di area abrasi sekitar Muara Angke oleh para siswa Kolese Gonzaga.
Gonzaga for Earth ini adalah awal dari serangkaian acara Lustrum V Gonzaga yang terdiri dari Gonzaga for Humanity (kepedulian terhadap kerasnya arus fundamentalisme agama) dan Gonzaga for Justice (kepedulian terhadap meluasnya kemiskinan). Kegiatan-kegiatan yang melibatkan seluruh Komunitas Kolese Gonzaga ini, sungguh ingin mempromosikan bentuk nyata dari sebuah kepedulian dan bukannya wacana.

Semua hal ini mereka lakukan semata-mata demi kemuliaan Tuhan yang lebih besar. Ad Maiorem Dei Gloriam!