Idul Fitri
5 June 2019

Mohon maaf lahir dan...

Penerimaan Rapor Kenaikan Kelas
31 May 2019

Penerimaan Rapot Semester II bagi kelas X dan...

Hari Kenaikan Tuhan Yesus
30 May 2019

Libur memperingati peristiwa kenaikan Isa Almasih atau kenaikan Yesus Kristus ke...

UAS Susulan dan Studi Ekskursi
27 May 2019

Ulangan Akhir Semester Susulan bagi siswa/siswi yang berhalangan hadir pada saat Ulangan Akhir Semester. Studi ekskursi bagi...

UAS Susulan dan Studi Ekskursi
25 May 2019

Ulangan Akhir Semester Susulan bagi siswa/siswi yang berhalangan hadir pada saat Ulangan Akhir Semester. Studi ekskursi bagi...

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P. 2018/2019
20 May 2019

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P....

Hari Raya Waisak
19 May 2019

Libur Hari Waisak: "selamat merayakan kelahiran, kesempurnaan, dan kematian Sang Buddha pada Hari Waisak, momen penuh sukacita,...

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P. 2018/2019
13 May 2019

Ulangan Akhir Semester Genap SMA Kolese Gonzaga T.P....

En Todo Amar y Servir (Dalam Segala Mencintai dan Melayani)

IMG_4190

Pada tanggal 23-26 Maret 2015, siswa-siswi kelas XI mengikuti program Live in yang diselenggarakan di Sragen, Jawa Tengah. Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama SMA Kolese Gonzaga dengan Paroki Santa Maria dari Fatima yang dikoordinasi oleh Frater Didik RD dibantu oleh dewan paroki dan Orang Muda Katolik Sragen. Tema program Live In tahun ini adalah En Todo Amar y Servir yang berarti “Dalam Segala Mencintai dan Melayani”.

image5  image3

Minggu siang pada tanggal 22 Maret, rombongan siswa dan 12 guru pendamping berangkat dari Gonzaga menuju stasiun kereta Pasar Senen. Tepat pukul 16.00 mereka berangkat dari stasiun Pasar Senen dan tiba di Stasiun Sragen pada pukul 02.30 pagi. Setelah itu mereka bergerak menuju Gereja dan beristirahat di sana hingga pukul 06.00. Di sana mereka disambut oleh Bapak Sarono yang menjadi ketua panitia Live In. Setelah itu mereka dijemput oleh orang tua angkat masing-masing menuju ke 8 wilayah yang di utara dan selatan Paroki. Wilayah tersebut antara lain Tangen, Tanon, Sidoarjo, dan Masaron di Utara. Sedangkan Kedawung, Jenawe, Mujigedang, dan Gondang di wilayah selatan.

image6  image2

Selama tinggal di rumah orang tua mereka yang baru, mereka mengikuti serangkaian kerja mulai dari mencuci dan menyetrika baju sendiri, menjaga toko dan warung, memanen ikan, memberi makan ternak, memasak sayur, mengambil air, menjahit, belanja sampai dengan memanen mentimun, semangka, dan padi. Ada juga yang diajak untuk bekerja di pabrik yakni membungkusi makanan kecil. Selain bekerja bersama orang tua, mereka juga ikut serta dalam kerja bakti di kapel animasi Jenawi dan kapel di gua Maria Ngrawuh, dan kegiatan aksi puasa pembangunan dan doa-doa di lingkungan masing-masing.

Salah seorang dari orang tua angkat mereka memberikan kesaksian bahwa Ia senang melihat anak-anak membantu pekerjaan mereka dengan senang dan tuntas. Anak-anak sungguh belajar mandiri. Hingga tiba waktunya mereka harus berpisah pada pukul 09.00, Kamis 25 Maret. Pada saat keberangkatan, tampak masing-masing anak membawa satu dus penuh oleh-oleh. Ada juga yang dibawakan semangka super, beras ½ kwintal, dan bibit-bibit tanaman.

Semangat melayani keluarga melalui kegiatan di rumah, mencintai keluarga melalui kegiatan kerja bersama keluarga, dan mencintai Gereja dan Tuhan melalui kegiatan kerja bakti dan doa lingkungan membenamkan dalam-dalam semangat yang tertuang pada tema Live In “En Todo Amar y Servir”. Dalam suasana itulah doa dan kerja berlangsung bersama untuk belajar di dalam segala kondisi dan situasi mencintai dan melayani Tuhan dan Sesama.

 

AMDG.