Berdamai dengan Sang Pencipta dalam Rabu Abu

Pada tanggal 1 Maret 2017,  diadakan Misa Rabu Abu untuk menandai masa prapaskah. Misa dihadiri oleh segenap anggota komunitas SMA Kolese Gonzaga dan juga oleh para guru dan siswa SMIP Patria Wisata. Pater Baskoro Poedjinoegroho, SJ selaku selebran utama didampingi oleh Pater Winandoko, SJ dan Pater Vico Christiawan, SJ  mengantar komunitas masuk ke dalam suasana prapaskah yang mengarah pada pertobatan sejati sebagai umat beriman.

Berdamai dengan Allah dengan aksi nyata  adalah pesan yang disampaikan oleh Pater Vico, SJ dalam kotbah Rabu Abu.  Allah telah  menciptakan bumi beserta isinya  sungguh  baik adanya. Namun, manusia telah merusaknya.  Semakin banyak  sampah plastik yang tidak terolah dengan baik, telah memperparah kerusakan alam.  Maka berdamai dengan Allah berarti  kita diajak untuk  melakukan aksi nyata dengan mengurangi penggunaan plastik di dalam komunitas.

Ada berbagai cara untuk mengurangi dampak kerusakan alam. Pantang plastik menjadi salah satu jalan keluar. Akan lebih baik bila kita mau menggunakan peralatan plastik yang dapat dipakai berulang kali, bukan dengan membuangnya hanya untuk sekali pakai.  Lebih baik  membawa botol minum sendiri sehingga bisa mengisi ulang air minum yang dibutuhkan daripada membeli minuman-minuman dalam kemasan botol.

Komunitas Kolese Gonzaga berjanji untuk pantang plastik secara komunal dan mengontrol perkataan, perbuatan, pikiran secara personal. Semua dilakukan untuk menjadi pribadi yang lebih baik demi mempersiapkan kebangkitan Tuhan.

Selamat berpuasa, selamat berdoa, kiranya kerahiman Allah menaungi kita sehingga kelak kita pantas merayakan Paskah dengan penuh syukur.

Ad Maiorem Dei Gloriam