Bazaar Amal 2013

Bazar amal tahun 2013 ini bertema "Knowlegde without sharing is completely nothing". Menjadi sebuah kerja bersama dalam tiap tahun, para murid SMA Kolese Gonzaga mengadakan karya bhakti yang disebut Bazar Amal. Acara tahun ini ditetapkan pada hari Minggu, 28 April 2013. Tema yang diusung para murid menjadi sebuah refleksi bersama dan akan dijadikan aksi bersama yaitu bagaimana melakukan sesuatu bagi masyarakat sekitar.

Tujuan dari acara ini adalah melatih compassion para murid agar tetap sadar dan peduli akan situasi lingkungan masyarakat. Belajar tidak sekedar mengoleksi informasi dan ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan tanpa sebuah aksi pelayanan kepada orang lain adalah seonggok hal yang tak berarti. Ilmu harus dibagikan kepada sesama dalam bentuk aksi. Aksi nyata itu diwujudkan dalam bentuk berbagi.

Seperti kata St. Ignatius Loyola dalam Latihan Rohani "cinta lebih diwujudkan dalam tindakan daripada dengan kata-kata…yang lebih mempunyai harta memberikan kepada yang kurang, yang lebih mempunyai ilmu harus berbagi dengan yang kurang dsb.." Hal itu juga yang dijalani oleh St. Aloysius Gonzaga sampai ia tidak memikirkan dirinya dengan menolong orang-orang sakit di Roma pada zamannya. Itulah yang sedang dijalani para murid Gonzaga dalam kerja Bazar Amal 2013 ini. Selamat bekerja. Semoga Bazar Amal membawa kita semakin peduli dan berbelarasa. AMDG.

Y. Alis Windu Prasetya, SJ